blog visitors

Bentuk kekecewaan anak UNM

nah ini dia nih yang menjadi sorotan media sekarang


orang-orang atau lebih tepatnya mahasiswa yang menyalurkan aspirasi rakyat,menyampaikan tuntutan agar harga BBM tidak naik


loe boleh aja komentar,namun itulah bentuk penyampaian aspirasi untuk masyarakat (pengabdian masyarakat) salah satu pilar mahasiswa tentunya,selain pendidikan dan penelitian


tepat banget rasanya untuk gambarin keadaan rakyat,padahal katanya pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat



ingat baik-baik yah, semuanya itu milik rakyat,itu hak rakyat,bukan hak kalian semua wahai petinggi yang katanya mewakili rakyat




posted by : Muhammad Rezki Rasyak

10 Negara dengan BBM Termurah didunia


kali ini gue bakal ngasih info mengenai negara-negara dengan harga BBM termurah beda kaya'negara kita, oke friend langsung aja kawan-kawan baca artikelnya



hah ini dia nih negara kita tercinta, yap indonesia
, tp gmana dengan BBM nya ??

INDONESIA boleh mengklaim menjual BBM dengan nilai subsidi terbesar se Asia Tenggara. Tapi tetap saja harga BBM di negara penghasil minyak ini, terhitung cukup tinggi untuk dibeli rakyatnya. Sehingga isu kenaikan BBM, selalu menjadi hal sensitif. Fluktuatif harga minyak dunia karena berbagai gejolak, selalu menjadi alasan. Namun pada beberapa negara ini, harga BBM tetap menjadi komoditi yang stabil bahkan sangat rendah harganya.

Bahan bakar minyak alias BBM adalah komoditi yang sangat penting, semua negara membutuhkan, bahkan saking pentingnya, sering terjadi peperangan hanya untuk memperbutkan emas hitam ini. jangan heran jika BBM makin hari harganya makin mahal. Namun bagi negara dalam daftar ini harga BBM tetap sama untuk konsumsi domestik. Harga rendah karena mereka mempunyai cadangan yang cukup besar.


Berikut ini adalah daftar 10 negara dengan harga BBM termurah di dunia :

10. United Arab Emirates ($ 0.37/liter atau Rp.4.300,-/L)
United Arab Emirates adalah sebuah negara yang menarik untuk menjadi tempat tinggal. Selain memiliki salah satu harga BBM termurah di dunia mereka juga negara terkaya nomor 4 di dunia.



9. Bahrain ($ 0.27/litre atau Rp.3.159,-/L)
Sebagai negara dengan luas wilayah yang kecil dan mempunyai akses yang luas pada negara-negara produsen minyak, maka jangan heran jika harga BBM di negara ini murah meriah.



8. Qatar ($ 0.22/litre atau Rp.2.575,-/L)
Dengan produk minyakya yang melimpah dan dengan jumlah penduduk yang tak tertlalu besar, Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia. wajar saja negara ini mempunyai kemampuan untuk menjual minyak yang mahal ke luar negeri dan menjualnya dengan harga murah di dalam negeri.



7. Kuwait ($ 0.21 / liter atau Rp.2.457,-/L)
Hampir sama seperti di Qatar, Kuwait adalah negara nomor 5 terkaya di dunia, jadi sangat masuk akal bahwa harga BBM di Kuwait sedikit lebih murah daripada di Qatar.



6. Libya ($ 0.14/Liter atau Rp.1.636,-/L)
Negara yang baru saja terkena krisis pemerintahan ini adalah negara dengan cadangan minyak terbesar di Afrika dan nomer 9 di dunia. Pantas saja kalo harga minyak di negara ini miring.



5. Arab Saudi ($ 0.12/liter atau Rp.1.404,-/L)
Saya rasa tak ada yang meragukan negara ini untuk membentuk harga murah terhadap BBM di negara ini. Semua orang di dunia ini juga tahu kalo negara ini adalah dedengkotnya petrodollar.



4. Iran ($ 0.11/liter atau Rp.1.287,-/L)
Walaupun oleh para ahli negara ini diperkirakan akan kehabisan cadangan minyak pada 74 tahun mendatang, namun negara ini nyatanya tetap memberlakukan harga murah untuk BBM di negara ini.



3. Nigeria ($ 0.10/liter atau Rp.1.170,-/L)
Nigeria memiliki cadangan minyak 10 terbesar di dunia. namun juga memiliki catatan konflik yang berkepanjangan, jadi jangan heran jika pemerintah setempat tak ingin membuat rakyat marah dengan harga BBM yang tinggi.



2. Turkmenistan ($ 0.08/liter atau Rp.936,-/L)
Entah sebab apa negara ini bisa mempunyai harga yang rendah untuk minyak mereka, yang jelas, negara yang terletak di sekitara perbatasan Asia dan Eropa ini mempunyai harga yang rendah untuk BBM, bahkan harga seliternya lebih murah dari sebungkus mie instan.



1. Venezuela ($ 0,05 / liter atau Rp.585,-/L)
Venezuela dipimpin oleh Presiden Hugo Chávez - cukup terkenal untuk orang-orang yang mengikuti politik internasional. Seorang sosialist. Ia melakukan hampir apapun yang ia pikir membantu rakyatnya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Tentunya dengan harga BBM yang murah, akan lebih mudah rakyat memilih dia kembali pada pemilu.



posted by : Muhammad Rezki Rasyak

10 Negara dengan Harga BBM termahal

oke brow ini dia postingan selanjutnya yang aku bagiin, lagi hangat-hangatnya kasus akan naiknya harga bbm, sekarang gue tampilin negara2 yang menjual BBM dengan harga yang fantastis banget kawan, pengen tau negara mana aja ??
baca aja !


10. Amsterdam, Belanda
Amsterdam telah sejak lama menjadi kota pejalan kaki sehingga harga Rp. 18.800 untuk satu liter bensin tidak akan memperlambat laju ekonomi di kota ini. Sepeda dan transportasi umum telah menjadi moda transportasi pilihan utama di kota yang indah ini.
9. London, Inggris
Berkat tingginya harga bensin di London dan seluruh Inggris, para konsumen akan merasakan kenaikkan harga barang-barang lainnya untuk mengimbangi biaya produksi dan pengiriman barang.
8. Brussels, Belgia
Seperti kebanyakan negara di Eropa, harga sebesar Rp. 19.200 per liter bensin disebabkan tingginya pajak yang dikenakan pada bensin oleh Uni Eropa.
7. Stockholm, Swedia
Harga bensin telah mencapai rekor tertinggi di seluruh Swedia, mencapai hingga sekitar Rp. 19.700 per liter. Para analis memperkirakan harga bensin yang tinggi ini disebabkan oleh sejumlah faktor yaitu pasar minyak dunia, nilai tukar dollar yang melemah dan sabotase terhadap instalasi minyak dunia. Menariknya, jika bensin tidak dikenai pajak yang tinggi, Stockholm akan memiliki bensin dengan harga termurah di dunia Barat.
6. Kopenhagen, Denmark
Dengan harga Rp. 19.750 per liter bensin, mengisi penuh tangki mobil anda akan kira-kira menghabiskan biaya sebesar Rp. 1.200.000. Harga bensin yang tinggi ini merupakan alasan mengapa sebagian besar penduduk Kopenhagen tidak memiliki keinginan untuk memiliki kendaraan. Sebaliknya, warga terbiasa dan lebih senang berjalan, menggunakan transportasi umum atau berpartisipasi dalam program berbagi sepeda.
5. Monte Carlo, Monako
Produsen otomotif di Monte Carlo telah mendorong penggunaan energi alternatif karena tingginya harga bensin. Mobil bertenagakan listrik menjadi sebuah solusi untuk harga bensin sebesar Rp. 19.800 per liter. Meskipun bensin sebenarnya masih digunakan dalam sebuah mobil listrik, biaya untuk mengisi bensin menurun secara drastis dalam mobil yang telah didukung oleh tenaga listrik.
4. Athena, Yunani
Rp. 20.000 per liter adalah harga yang harus anda bayar untuk mengendarai mobil anda di Yunani. Harga berfluktuasi dengan cepat dan sering, dikarenakan krisis dan gejolak yang terjadi di Mesir dan Libya.
3. Oslo, Norwegia
Pajak bensin yang luar biasa tinggi yang ditetapkan oleh Uni Eropa membuat orang-orang di Oslo harus membayar Rp. 21.800 per liter. Yang mengejutkan, neara ini sebagian besar kekayaannya didapat dari sektor ekspor minyak.
2. Asmara, Eritrea
Pembatasan dan seringnya kekurangan pasokan bensin membuat harga bensin di negara ini sangat tinggi. Dengan harga sekitar Rp. 22.600 per liter, anda dapat menghabiskan hampir sekitar Rp. 1.500.000 untuk mengisi penuh tangki sebuah mobil keluarga.
1. Istanbul, Turki
Kota ini menawarkan harga bensin tertinggi di dunia dengan harga Rp. 22.600 per liter. Tinginya harga ini disikapi oleh Walikota Kadir Topbas dengan merencanakan untuk menciptakan sebuah merek bahan bakar dengan harga ekonomis dan rantai pom bensin yang berlokasi di seluruh kota.




by Muhammad Rezki Rasyak

Alosi Ripolo Dua







ini dia satu lagu yang paling populer di tanah bugis-makassar ,"Alosi Ripolo Dua"

Alosi Ripolo Dua adalah bahasa bugis, yang kalau di Indonesiakan berarti pinang dibelah dua.  Sebuah lagu yang bercerita tentang sepasang kekasih yang wajah mereka mirip satu sama lainnya. nah dari Wajah yang  mirip itulah , katanya besar  kemungkinan akan berjodoh. Begitulah, sebahagian orang bugis percaya akan hal itu.


LIRIK LAGU 

ALOSI RIPOLO DUA

(RefF) Kuripancaji rilino
Enggka riwatakkalemu
Nulle purani totoku
Tosippadua siruntu

Muri pancaji rilino
Tudang riwatagkalemu
Lettu cappana rilino
Sipaddua matterru

Tappamu na tappaku
Sirupa na denna pada
Ia ro tanranna topuri sitoto

Matammu namtakku
Alosi ripolo dua
Mappada bungae sibawa daunna

Alemu aleku pada uddani
Tori masseddi tanranna sitoto





post by : Muhammad Rezki Rasyak




Sastra Hari ini (puisi bugis makassar)


BURA’NE MANGKASARA’

Nakkemi bura’ne,bura’nenna butta mangkasara’
Bura’ne tarang ati,lambusu’ kana-kana
Bura’ne lompo pangngamase,lompo nyawa
Mange rikabajikang,ambokoi kadorakang




Nakkemi bura’ne,paentengi kala’biranna bainea
Su’ju ridallekanna baine allasukangka
Menteng ja’ja, angkalewangngang reso
Amberangngai,accerakkang mange risaribattangku Bainea


Nakkemi bura’ne bura’nenna butta mangkasara’
Bura’ne ammu’buka badik napunna taenamo takammanna
Annneteng kalewang punna tamakkullemi ridallekang
Allariang berang punna tamakkulemi rikana
Tanakanre ada’ pammoporang…..




By : Muhammad Rezki Rasyak






Sastra Hari ini (puisi bugis makassar)



KARAENGKU

Oh…….Karaengku
Nakke atanta,mempo su’ju ri dallekangta
Ata tamakulle ri kana ata
Ata ancuru’,botto’,tasingkamma ata maraengang

Pippisi Atingku
Tu’guru je’ne matangku
Anggarru,akkalli’ lompo ati ca’diku
Angngu’rangi yangasenna kadorakangku
Kabottokangku,dosa-dosangku

Tamakkulle ribilang
Ripasingkamma,nipasing rata
Passarenta……


Karaengku,Karaeng mala’biri
Karaengna iya ngaseng karaeng……
Kalompoanta,tamakkulle kulambusi
Tamakkulle kubilang,rappanganna poko’-poko’,langi’,tamparang
Iyangasenna bone lino,assu’ju,a’dallekang,a’lambusu mange ridallekangta


Bambang mata allo,dinginna bosi lompoa,nasa’ra’nakabajikang 


bangngia,ma’nassa passareanta,ma’nassa pakkulleanta,tamakkulle 


maraengang.............






by: Muhammad Rezki Rasyak