blog visitors

Pemenggalan Kata (Teknik memenggal kata) dalam bahasa Indonesia

Pemenggalan Kata

kata-kata bisanya selalu dibatasi oleh bidang atau ruang yang disyaratkan dalam penulisan sehingga kata kadang-kadang tidak dapat ditulis secara utuh, kata-kata demikian harus dipenggal menurut suku katanya.



Berikut cara pemenggalan kata

1. kata Dasar ada empat cara 

a. jika di tengah kata ada vokal berurutan,pemenggalan dilakukan diantara kedua vokal it (-V/V-).contohnya adalah ma-af,sa-at,du-et,bu-ih,ba-ik dan ta-at. Apabila vokal berurutan tersebut berupa diftong,pemenggalan tidak dilakukan diantara vokal tersebut (-VV/-), contohnya adalah 

sau-da-ra bukan sa-u-da-ra
pan-tai bukan Pan-ta-i
pu-lau bukan pu-la-u
au-la  bukan a-u-la

b.jika ditengah kata ada hruruf konsonan dan gabungan konsonan diantara dua huruf Vokal, pemenggalan dilakukan sebelum konsonan (KV-KV). contohnya adalah pe-rut,ta-bu,ja-mur,ta-nya dan  su-nyi.

c.jika di tengah kata ada konsonan berurutan, pemenggalan dilakukan diantara dua konsonan tersebut (-K/KV-) contohnya adalah mak-lum,ger-tak,kom-pos-mik-ro, mig-ra-si  dan cap-lok,kecuali konsonan ng,kh,sy  dan ny  yang berupa suatu bunyi dianggap sebagai satu suku kata tidak dipisahkan. Contohnya adalah de-ngan, makh-luk,ikh-las,i-sya-rat dan  bu-nyi.

d.jika konsonan berurutan lebih dari dua buah,pemenggalannya dilakukan sesudah konsonan pertama(-K/KK-). Contohnya adalah in-struk-si, ab-strak-si dan  in-stru-men.

2. Semua imbuhan dan partikel dianggap satu suku kata,termasuk pada imbuhan awalan yang mengalami perubahan bentuk sehingga dapat dipenggal dari kata dasarnya.Tahap pertama,memisahkan imbuhan dengan kata dasarnya dan tahap kedua kata dasar dipenggal sesuai dengan cara pemenggalan kata dasar

misal :

Tahap 1 : me-ramu, me-nyapu,men-coba,pem-belah-an,ke-hutan-an

Tahap 2 : me-ra-mu,me-nya-pu,men-co-ba,pem-be-lah-an,ke-hu-tan-an


catatan :

a. Akhiran -i pada pergantian baris dan kata yang diawali vokal tidak dipenggal dalam penulisan.Contoh yang salah adalah mengakhir-i dan  i-kan

b. Kata yang berimbuhan sisipan,pemenggalannya dilakukan sebagai berikut. contohnya adalah te-lun-juk, ge-ri-gi,ge-li-gi, ge-me-tar, ge-le-tar

c. Imbuhan yang berasal dari bahasa asing tidak dianggap sebagai imbuhan melainkan sebagai suku kata itu sendiri, sehingga pemenggalannya mengikuti aturan pemenggalan kata dasar, misalnya

spor-ti-vi-tas   bukan   sportiv-itas
ak-li-ma-ti-sa-si   bukan    ak-li-mat-isasi


3. Jika suatu kata terdiri atas lebih dari satu unsur dan salah satu unsur itu dapat digabung dengan unsur lain.Pemenggalan dilakukan dengan dua cara :

a) memenggal berdasarkan unsur pembentuknya
b) memenggal sesuai kaidah-kaidah pemenggalan kata dasar, misal :

bio-logi   atau bi-o-lo-gi
mikro-biologi   atau   mik-ro-bi-o-lo-gi
pasca-sarjana   atau   pas-ca-sar-ja-na
pasca-panen  atau pas-ca-pa-nen
budi-daya   atau   bu-di-da-ya


oke temen-temen sekian tips yang bisa daeng bagikan ke kalian, ilmu selanjutnya ada dipostingan selanjutnya, jadi tetap update di blog ini yah temen-temen


Posted by : Muhammad Rezki Rasyak


Apa itu Entrepreneur ? (what is Entrepreneur ??)

Nah kali ini daeng akan share tentang  Entrepreneur, apa itu entrepreneur, bagaimana pendapat para ahli tentang itu ???

oke langsung saja yah ,...

Entrepreneur berasal dari bahasa perancis yang artinya kontraktor,asal katanya yaitu entrprenant yang artinya giat,mau berusaha,berani,penuh petualangan,dan entrepredre yang artinya undertake (berusaha).

Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha.

Jean Batiste (1810) entrepreneur adalah sorang koordinator produksi dengan kemampuan manajerial,bisa dikatakan sebagai the pivot on which everything turns,pusat dari bergeraknya segala sesuatu,ditangan entrepreneur sesuatu yang masih abstrak,bisa diwujudkan menjadi sesuatu yang bisa dinikmati orang banyak (Harefa dan Siadari, 2007)


Schumpter (1942) mendefinisikan entreprenueur sebagai seorang inovetor yang kreatif, sebagai inovator yang kreatif mereka dilihat sebagai seorang yang menyimpang dari segi sosial,menyimpang karena memilih yang berbeda dari orang kebanyakan,ketika memilih untuk mendirikan bisnisnya sendiri mereka ingin berkarya menghasilkan yang terbaik.

Lognecker (2000), entrepreneur adalah seorang yang memulai atau mengoperasikan sebuah bisnis, sedangkan menurut Zimmerrer dan Scarborough (2002) entrepreneur adalah seorang yang menciptakan sebuah bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidak pastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumberdaya yang diperlukan untuk mendirikannya.

meskipun berbeda definisi memandang entrepreneur dengan perspektif pandangan yang agak berbeda, semua mengandung unsur yang mirip seperti kemutakhiran (newness),penciptaan (creating), kekayaan (wealth), serta pengambilan resiko (risk taking). Entrepreneur juga dapat ditemukan dalam berbagai profesi seperti Pendidikan,hukum,arsitektur,rekayasa,kerja sosial,distribusi dan pemerintahan (Hisrich dkk., 2008)


gimana nih udah ngerti nggak defenisi entrepreneur, jadi entrepreneur itu tidak langsung usaha saja, tidak sama pengusaha juga dapat dikatakan entrepreneur, kecuali ia sudah menepeti semua persyaratan entreprenur tadi...


salah satu institusi yang menawarkan untuk menciptakan sosok entrepereneur yaitu IPB (institut pertanian Bogor) salah satu insitut dan universitas terbaik inonesia yang masuk dalam jajaran top 5 universitas indonesia
oke,...slam entrepreneur, semoga ilmunya bertambah yah..

posted By : Muhammad rezki rasyak


Mengapa perlu belajar wirausaha ? (Apa saja yang diperoleh dengan belajar kewirausahaan)



oke deh, kali ini daeng bakalan bagi, kenapa sih kewira usahaan itu penting dan kenapa kita mesti belajar berwira usaha ??, penting gak sih, ?? temen-temen pasti taulah apa itu wirausaha, sellanjutnya untuk apa coba, secara logis para pengusaha memang lebih kaya sih, daripada pegawai harian, PNS ataupun pegawai swasta, namun tidak cukup sampai dsisitu etmen-temen, nih daeng bakalan bahas sedikit disini, let's read

a.       Deskripsi singkat mengapa perlu belajar kewirausahaan
b.      Apa saja yang diperoleh dengan belajar kewirausahaan
c.       Siapa wirausahawan yang diketahui berikut bidang usahanya
d.      Bagaimana praktik kewirausahaan selain dibidag bisnis

Mari kita bahas 

A.    Perlunya belajar kewirausahaan
Pada umumnya mahasiswa perguruan tinggi dipersiapkan untuk menjadi karyawan handal disektor lapangan kerja umum, seperti pegawai swasta atau tentunya pegawai negeri sipil dan bekerja pada institusi tertentu, bahkan sebagian orang beranggapan bahwa sukses itu adalah apabila seorang menjadi pegawai negeri sipil dan memegang jabatan tinggi . dan tentunya arah mereka  untuk menjadi seorang pekerja yang memiliki atasan, bukan sebagai seseorang yang dapat mengelola bidang usaha secara mandiri.Kenyatannya semua sekarang tidak berjalan mudah seperti dulu, semakin banyak orang yang ingin menjadi PNS maka semakinj kecil pula kesempatan untuk memperebutkannya karena persaingan yang semakin ketat. Kewirausahaan merupakan salah satu sifat atau teladan yang dubutuhkan bangsa Indonesia, sifat ini menjadikan sesorang tidak selalu bergantung pada pemerintah untuk menjadi pegawai negeri tetepi belajar mandiri, membina suatu bidang penghasilan yang mengantarkan seseorang kepada bentuk pengelolaan yang justru membuka peluang pekerjaan untuk orang banyak, peluang ini tentunya bisa megurangi pengangguran yang dari dulu menjadi beban tersndiri bagi bangsa,

B.    Hal yang didapat dari kewirausahaan
Kewirausahaan menjadikan sesorang menjadi sosok pemimpin idola bagi bangsa, mandiri, telaten dan tentunya sosok pekerja keras karena telah merintis dari bawah perlahan hingga menjadi satukesatuan dan tinggi dan sukses, bukan sekedar diangkat menjadi pegawai langsung, dari perjalanan jauh dan panjang tersebut sang entrepreneur tentunya jauh mendapat lebih banyak pelajaran bagaimana membangun dengan lebih baik, berani mengambil resiko untuk kemakmuran yang lebih baik serta tegas dalam mengambil keputusan.


C.     Contoh wirausahawan
Muhammad Jusuf Kalla
KARYA DAN PRESTASI
·    Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Sulawesi Selatan (1985-1997)
·    Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia (1997-2002)
·    Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Sulsel (1985-1995)
·    Wakil ketua ISEI Pusat (1987-2000)
·    Penasihat ISEI Pusat (2000-sekarang).

Bapak Jusuf Kalla Lahir dengan darah Bisnisman yang sudah tertanam dalam dirinya didalam benaknya ia telah menanamkan sifat entrepreneur bisnis yang hebat sejak ia kecil, ayah dan kakeknya merupakan pengusaha sukses dan sangat popular di kalangan masyarakat Sulawesi selatan hingga saat ini yayasan dan badan usaha JK sendiri menjadi salah satu badan usaha dengan omset tertinggi di Sulawesi, Jusuf Kalla yang pada awalnya diberi kepercayaan untuk mengelola Perusahaan kecil yang dirintis ayahnya, NV Hadji Kalla, diserahkan kepadanya sesaat setelah dia diwisuda menjadi sarjana ekonomi di Unhas. Di tangan JK, perusaha an distributor dan eksporter hasil bumi itu dikembangkan sebagai perusahaan holding.Bakat Jk mulai terlihat sejak saat itu sampai kini akhirnya dia berhasil melebarkan sayapnya dan membentuk Anak usahanya, antara lain, PT Bumi Karsa (konstruksi), PT Bukaka Teknik Utama (rekayasa industri), PT Kalla Inti Karsa, PT Bumi Sarana Utama, dan PT Bukaka Singtel International.

a.       Praktik kewirausahaan selain bisnis
Seorang wirausaha tidak harus menekuni bidang bisnis. Mereka dapat menjadi seorang wirausaha dibidang pekerjaan mereka masing-masing. Para wirausahawan dibidang non bisnis adalah mereka yang mampu membuat perbedaan, perubahan dan pertumbuhan positif dalam profesi dan pekerjaan mereka. Contohnya Gubernur Sulawesi selatan Syahrul Yasin Limpo yang berhasil merealisasikan ide-idenya, antara lain pendidikan gratis dan kesehatan gratis di provinsi Sulawesi selatan, menurutnya hal dasar dalam mensejahterakan rakyat dan membuat suatu bangsa maju terletak dari tingkat pendidikan suatu rakyat atau bangsa dan hak dasar manusia sebenarnya adalah kesehatan, karena tidak akan makmur suatu bangsa bila kesehatannya tidak diperhatikan,oleh karena itu Syahrul Yasin Limpo berusaha mewujudkan ide ini, dan sekarang ini dapat dilihat, Pendidikan gratis telah direalisasikan kini hampir di seluruh kabupaten di sulawesi selatan sampai tingkat SMA,terakhir janjinya kini untuk membiayai serta memfasilitasi SPP tahun pertama untuk para mahasiswa Sulawesi selatan.  Dibidang kesehatan, rumah sakit yang ditunjuk  menggratiskan biaya kesehatan yakni melayani pasien dengan hanya menerima pembayaran fotokopi KTP dan Kartu Keluarga


Posted By : Muhammad rezki rasyak

Jangan Mandi Terlalu Bersih dan Membersihkan Kulit Terlalu keras (Bahaya Sinar UV)

Baik kali ini deng akan bagikan ilmu yang baru didapatkan tadi pagi dari dosen biologi, ini hal yang sangat penting untuk diketahui sebenarnya, karena bisa jadi berahaya apabila dampak negatifnya terjadi.

Mandi adalah hal yang paling identik untuk setiap orang kecuali orang yang jarang mandi tentunya hahaha...
Nah tapi kali ini saya akan bagikan alias share bahaya mandi terlalu bersih, loh memang kenapa kalau mandi bersih ??? bukannya bagus kan ??



Pada dasarnya mandi memang suatu perbuatan atau kegiatan untuk membersihkan badan dan memberi efek segar bagi tubuh umumnya dilakukan setiap pagi dan sore, namun tau tidak kebiasaan mandi yang terlalu menggosok kulit bisa berbahaya, alih-alih membersihkan kotoran dan semua daki yang menempel justru nantinya akan membuat kulit ari dan pelapis sinar UV akan hilang, epidermis pada lapisan kulit bagian atas akan hancur jika membersihkan dan terlalu keras mnggesek kulit bagian atas, akibat utamanya tentu tidak ada lagi lapisan pelindung yang menutupi kult dari sengatan langsung sinar matahari, hal ini dapat lebih berbahaya jika dilakukan oleh orang-orang yang sering berjemur ditepi pantai, pancaran langsung sinar UV dapat masuk dan merusak sel bahkan bisa menyebabkan kanker, oleh karena itu saya sarankan jangan mandi terlalu bersih, cara lainnya yah pakai sun block atau sun care atau apalah namanya pelindung kulit itu....hehehehe



tapi jangan jarang mandi juga yah, jorok soalnya, pada dasarnya semua makhluk hidup itu tersusun atas sel dan punggung alis tulang sel itu adalah ikatan karbon, nah ikatan inilah yang menguatkan sel, tetapi pancaran gelombang sinar yang berlebihan dapat mnyebabkan hancurnya ikatan karbon itu, sebut saja tumbuhan dia hanya dapat meerima gelombang cahaya matahari dengan kekuatan 200nano meter untuk foto sintesis jika suatu sat dia menerima cahaya berlebih maka ikatan karbon akan hancur dan menyebabkan hancurnya tumbuhan itu sendiri, selanjutnya alasan mengapa para astronot memakai pakaian yang tebal, itu karena semakin dekat jarak kita dengan matahari maka semakin kuat pula gelombang dan sinar UV nya, baju itu dimaksudkan agar tetap melindungi ikatan karbon sel. cobalah sejenak berfikir apa yang terjadi pada kita jika kita meewati atmosfer dengan pakaian yang biasa tanpa pelindung tertentu dari sinar matahari....

apa yang akan terjadi,,,, let's think

posted By : Muhammad Rezki Rasyak


Tokoh Panutan Sulawesi Selatan ( Jusuf Kalla, BJ Habibie,Syahrul Yasin Limpo, Abraham Samad) "The Enterpreneur"

Profil dan Biodata Abraham Samad



(Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi)

Sosok Advokat Pejuang Keadilan (Enterpreneur sosial)

·         Nama   :Dr. Abraham Samad, SH.
·         Tempat Kelahiran :Makassar, Sulawesi Selatan
·         Tanggallahir : 27 November 1966 (44 th)

PENDIDIKAN

·         Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nasional, Makassar, 1980
·         Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Cendrawasih, Makassar, 1983
·         S-1, S-2 dan S-3 di Universitas Hasanuddin, Makassar

KARYA DAN PRESTASI

·         Penggagasdan Koordinator Ketua Anti-Corruption Committe (ACC) Sulsel
·         Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi
·         Tim Penasehat Hukum Komite Pemantau Legislatif (KOPEL) Sulawesi.

Sejak 1996 sampai sekarang, Abraham Samad masih berkarir sebagaia dvokat.Ia termasuk pengacara dengan latarbelakang  LSM.Sebab, Abraham adalah seorang penggagas sekaligus Koordinator ACC (Anti Corruption Committee) di Sulsel. Di LSM itu, ia sangat fokus dalam mendorong terciptanya sistem pemerintahan yang baik serta sistem pelayanan publik yang maksimal dengan sasaran pemberantasan korupsi. Abraham merupakan salah satu sosok idola baru masyarakat Sulawesi selatan, dia seorang sosialis yang sangat peduli akan kepentingan rakyat dan berfikir panjang akan langkahnya demi tercapainya kesejahteraan umum bangsa Indonesia, dia mempunyai sikap kerasdan pendirian yang teguh berbeda dengan advokat lain yang justrui kut dalam mata rantai korupsi. Sebagai seorang praktisi hukum sekaligus tokoh pejuang anti korupsi, Abraham sangat prihatin terhadap fenomena budaya korupsi yang merajalela di negeri ini.Dalam pandangannya, dunia hukum dan peradilan di Indonesia sudah sangat terkontaminasi oleh perilaku korupsi ini.Dengan pendirian yang teguh dan sikap mental keras yang merupakan sifat spesial darah Makassar dia bertekad membongkar kasus korupsi demi kesejahteraan,sebab tiada gunanya membentuk  KPK jika pada akhirnya kasus korupsi makin meraja lela dan tidak terkontrol.


Profil dan Biodata Syahrul Yasin Limpo

(Gubernur Sulawesi Selatan)


Sosok Pemimpin Idaman dan Teladan Masyarakat (Enterpreneur Government)
·         Nama                   :       SyahrulYasinLimpo
·         TempatLahir         :       Makassar 16 Maret 1955
·         TanggalLahir        :       16 Maret 1955

PENDIDIKAN
·    Sarjana Hukum Universitas Hasanudin (S1) Tahun 1983
·    Pasca Sarjana Universitas Hasanudin (S2) Tahun 1999
·    Pasca Sarjana Universitas Hasanudin (S2) Tahun 2004
·    Pascasarjana Universitas Hasanudin (S3) Tahun 2008

KARYA DAN PRESTASI
·    Perhagaan Manggala Karya Kencana-Men. Kepdd/BKKBN, Tahun 1997
·    Perhargaan Bhakti Koperasi dan Pengusaha Kecil-Menkop & UKM, Tahun 1997
·    Penghargaan Upakarti-Presiden RI, Tahun 1997
·    Satya Lencana Kebaktian Sosial-Presiden RI, Tahun 1998
·    Satya encana Pembangunan-Presiden RI, Tahun 2001
·    Satya Lencana Wirakarya-Presiden RI, Tahun 2003

         Sosok Pemimpin Rakyat Berkharisma dan dengan intelektual tinggi Bapak Syahrul Yasin Limpo.Beliau merupakan Gubernur Terpilih Sulawesi Selatan periode 2007-2012 dan kini kembali terpilih untuk menjadi pemimpin rakyat Sulawesi selatan periode 2013, terpilihnya kembali Syahrul sebaga iGubernur merupakan bukti betapa cintanya masyarakat Sulawesi selatan terhadap pemimpin yang satu ini, cerdas,ulet dan s kap tegas yang tidak jauh beda dengan pendahulunya Bapak Jusuf Kalla mengantarkannya menjadi pemimpin yang ideal dan mampu mewakili aspirasi masyarakat, bahkan bapak syahrul beberapa kali disorot kamera dan tampil di beberapa stasiun  TV kenamaan Indonesia sebagai pembicara karena kesuksesannya membina masyarakat Makassara dan sekitarnya.

Bapak Syahrul  kini mulai merealisasikan ide-idenya, antara lain pendidikan gratis dan kesehatan gratis.ia juga mengungkapkan bahwa hal dasar dalam mensejahterakan rakyat dan membuat suatu bangsa maju terletak dari tingkat pendidikan suatu rakyat atau bangsa dan hak dasar manusia sebenarnya adalah kesehatan,karenati dak akan makmur suatubangsa bila kesehatannya tidak diperhatikan,oleh karenaitu Syahrul Yasin Limpo berusaha mewujudkan ide ini, dan sekarang dapat terealisasi, Pendidikan gratis telah direalisasikan kini hampir di seluruh kabupaten di sulawesi selatan sampai tingkat SMA,terakhir janjinya kini untuk membiayai serta memfasilitasi SPP tahun pertama untuk para mahasiswa Sulawesi selatan.Dibidang kesehatan, rumah sakit yang ditunjuk pemerintah menggratiskan biaya kesehatanya kini melayani pasien dengan hanya menerima pembayaran fotokopi KTP dan KartuKeluarga.



Profil dan Biodata Bacharuddin Jusuf Habibie


(Salah Satu Orang tercerdas di dunia/ MantanPresidenRepublik Indonesia)



Kiblatpendidikanmasyarakat Sulawesi selatan (EnterpreneurAkademic)
·         Nama                   :       Bacharuddin Jusuf Habibie
·         TempatLahir         :       Pare-pare
·         TanggalLahir        :       25 Juni 1936
PENDIDIKAN
Sebelumnya ia pernah berilmu di SMAK Dago . Ia kemudian melanjutkans tudinya ke teknik mesin di Institut Teknologi Bandung  tahun 1954. Pada 1955-1965 ia melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat, menerima   gelar diplomingineur pada 1960 dan gelar doktoringineur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.
KARYA DAN PRESTASI

  Jabatan Vice President/DirekturTeknologi MBB disabetnyatahun 1974
 The Royal Aeronautical Society London (Inggris),
- The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia),
- The AcademieNationale de l’Air et de l’Espace (Prancis) dan
- The US Academy of Engineering (AmerikaSerikat).


           Siapa yang tidak kenal bapak BJ Habibie, cendekiawan sekaligus ilmuwan cerdas dengan kemampuan teknisi dan kecerdasan diatas rata-rata, kiblat pendidikan masyarakat Sulawesi selatan tentunya, sebagai teknisi sekaligus scientist terkanal bapak tidak hanya dikenal dan diidolakan oleh seluruh kaum masyarakat Sulawesi selatan tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia dan beberapa elemen masyarakat luarnegeri terutama jerman, kemampuan berfikir dan intelektualnnya kini menjadikan bapak BJ habibi sebagai salah satu orang dengan IQ tertinggi di dunia, beberapa karyannya kini terpajang indah di etalase beberapa museum Indonesia dan digunakan dibeberapa negara, tergolong orang tercerdas didunia tidak lantas menjadikan bapak sombong akan itu, bahkan kini dia merintis beberapa sekolah di Sulawesi selatan dengan biaya langsung dari yayasannya untuk bersekolah mulai dari tingkat SMP sampai mahasiswa yang ingin menuntut ilmu keluar negeri.
          Sosok lugasnya membuat seluruh masyarakat Sulawesi takjub dia jugat idak segan berbagi ilmu langsung kepada siswa dan mahasiswa apabila sesekali ia datang kembali ke Sulawesi selatan, masyarakat Sulawesi selatan sangat bangga akan kejeniusan bjhabibie dan berharap ada next habibie yang lahir kembali untuk menjadi panutan sekaligus pemimpin cendekia dengan kemampuan nalar luar biasa yang kelak menjadikan Sulawesi selatan ternama tidak hanya di Indonesia bahkan di dunia.


Profil Dan Biodata Muhamad Jusuf  Kalla

(MantanWakilPresidenRepublik Indonesia)

Sosok Kebanggaan Masyarakat Sulawesi Selatan (Enterpreneur  Business)


·         Nama                   :       Muhammad  Jusuf Kalla
·         Tempat Lahir        :       Bone
·         Tanggal Lahir       :       15 mei 1942

PENDIDIKAN
Dia menyelesaikan pendidikan sarjana pada Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin , Makassar, pada 1967 dan lulus The European Institute of Business Administration Fountainebleu, Prancis, 1977.

KARYA DAN PRESTASI

·    Menjadi Anggota DPRD saat masih berstatus mahasiswa tingkat akhir
·    Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Sulawesi Selatan (1985-1997)
·    Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia (1997-2002)
·    KetuaUmum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Sulsel (1985-1995)
·    Wakil ketua ISEI Pusat (1987-2000)
·    Penasihat ISEI  Pusat (2000-sekarang).

           Bapak Jusuf Kalla Lahir dengan darah Bisnisman yang sudah tertanam dalam dirinya di dalam benaknya ia telah menanamkan sifat entrepreneur bisnis yang  hebat sejak ia kecil, ayah dan kakeknya merupakan pengusaha sukses dan sangat popular di kalangan masyarakat Sulawesi selatan hingga saat ini yayasan dan badan usaha JK sendiri menjadi salah satu badan usaha dengan omset tertinggi di Sulawesi, Jusf Kalla yang pada awalnya diberikepercayaan untuk mengelola Perusahaan kecil yang dirintis ayahnya, NV HadjiKalla, diserahkan kepadanya sesaat setelah dia diwisuda menjadi sarjana ekonomi di Unhas. Di tangan JK, perusahaan distributor dan eksporter hasil bumi itu dikembangkan sebagai perusahaan holding.Bakat Jk mulai terlihat sejak saat itu sampai kini akhirnya dia berhasil melebarkan sayapnya dan membentuk Anak usahanya, antara lain, PT Bumi Karsa (konstruksi), PT Bukaka Teknik Utama (rekayasa industri), PT Kalla Inti Karsa, PT Bumi Sarana Utama, dan PT Bukaka Singtel International.
          Bapak jusuf kalla kini tidak hanya menjadi panutan masyarakat tetapi membuka lapangan pekerjaan yang cukup banyak  untuk masyarakat  yang merupakan salah satucita-citanya, motor penggerak Sulawesi selatan diibaratkan adalah bapak jusuf kalla selanjutnya kini bapak menempa cikal bakal bangsa yang kelak menurutnya akan membangun daerah Sulawesi selatan lebih baik. Salah satu  yang  paling populer ialah beasiswa kalla untu kmahasiswa yang hendak menuntut ilmu di salahsat uuniversitas unggulan Indonesia (UI,ITB,UGM,IPB dan ITS).



referensi lanjutan : http://wikipedia.com


Posted By : Muhammad Rezki Rasyak